Padang – Dosen dari dua fakultas di Universitas Negeri Padang (UNP), mempresentasikan hasil risetnya dalam kegiatan bertajuk mini lecturing dan research collaboration discussion di Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Malaysia, Senin (12/8). Presentasi dilakukan oleh dua dosen yakni Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd (Departemen Teknologi Pendidikan) dan Dr. Sandi Rahmadika (Departemen Teknik Elektronika). Prof. Abna Hidayati, M.Pd mempresentasikan topik berjudul Online Learning Innovation Using Authentic Learning Approach and Realworld Activities for Student. “Riset ini menjelaskan strategi yang digunakan dalam pembelajaran online dengan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk membantu peserta didik memperoleh pembelajaran bermakna.

Selanjutnya, presentasi juga dilakukan oleh Dr. Sandi Rahmadika, dengan paper berjudul BlockChain: Current Trends and Emerging Topics. Kedua topik riset tersebut mendapat tanggapan menarik bagi sejumlah mahasiswa doktoral dan dosen yang hadir dalam kegiatan diskusi riset tersebut dan berharap ada kolaborasi riset antar dua universitas tersebut. Kepala Departemen Elektronika, Dr. Hendra Hidayat, M.Pd menyatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendukung capaian indikator kinerja UNP dan juga mengukuhkan UNP menjadi universitas kelas dunia (WCU). Menurut Dr. Hendra, kerjasama riset tersebut sangat memungkinkan mengingat UNP memiliki banyak dosen yang memiliki riset spesifik dengan sejumlah dosen di Universitas Pertahanan Malaysia tersebut.

Delegasi asal Fakultas Teknik terdiri dari Dr. Hendra Hidayat, M.Pd, Dr. Yasdinul Huda, S.Pd, M.T, Dr. Yeka Hendriyani, S.Kom, M.Kom, Dr. Eng. Sandi Rahmadika, MT, Eng, Thamrin, S.Pd, MT, Delsina Faiza, ST, MT, Yudhi Diputra, ST, M.T. Sementara dosen dari Departemen Teknologi Pendidikan terdiri dari Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd, Dr. Rayendra, M.Pd, Nofri Hendri, M,Pd, Seprtiyan Anugrah, M.PdT, Dr. Rahmi Pratiwi,M.Pd, Alkadri Masnur, M.Kom, Reni Kurnia, M.Si, dan Khairul Alfahani, M.Pd. Delegasi UNP diterima oleh wakil dekan bidang riset dan inovasi dr. Nurdyana dan Dr. Moch Rizal dan sejumlah dosen serta mahasiswa dari Universitas Pertahanan Malaysia. Menurut Dr. Nurdyana, kolaborasi antara UNP dan UPNM sangat penting untuk meningkatkan reputasi internasional kedua universitas. “Ke depan kita akan terus bekerjasama khususnya dalam team tecahing dan riset” kata Timbalan Dekan UPNM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *