Kuliah Umum di Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, Ketum Iluni UNP Nadirman: Inilah 10 Pekerjaan Dibutuhkan 2025

Universitas Negeri Padang – Ketua Umum DPP Iluni UNP, Drs. Nadirman, MM, mengemukakan bahwa ada tiga keterampilan utama yang diperlukan oleh calon tenaga kerja di industri, termasuk lulusan perguruan tinggi. Dalam kuliah umumnya di Universitas Negeri Padang (UNP), Nadirman menyoroti pentingnya full skill, midset, dan attitude.

Full skill mencakup hard skill yang diperoleh dari pendidikan formal, pelatihan, dan pengalaman kerja, serta soft skill seperti komunikasi dan kerjasama. Menurut Nadirman, midset melibatkan pola pikir positif, kemajuan, dan optimisme, sambil menekankan pentingnya memiliki visi dan misi yang jelas. Sedangkan attitude mencakup perilaku seperti sopan, rendah hati, optimis, disiplin, dan empati.

Nadirman juga membagikan data Bappenas mengenai pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2025, termasuk Data Analyst and Scientist, Big Data Specialist, AI and Machine Learning Specialist, serta spesialis dalam bidang pemasaran digital, energi terbarukan, otomatisasi proses, Internet of Things, transformasi digital, manajer administrasi bisnis, dan profesional pengembangan bisnis.

Acara kuliah umum ini dihadiri oleh Drs. Dedi Novera, seorang alumni FT UNP yang aktif dalam industri 4.0 di Batam. Kuliah umum tersebut dibuka oleh Pj Dekan FT Dr. Muhammad Anwar dan Kadep Teknik Elektronika Dr. Hendra Hidayat, M.Pd, serta dihadiri oleh para dosen dan staf Departemen Teknik Elektronika UNP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *